Menu Makanan Sehat dan Dampaknya bagi Kesehatan

Sahabat BERGAYA, Menu makanan sehat menjadi kebutuhan pokok untuk menjaga tubuh kita agar tetap vit dan siap selalu dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Makanan Sehat dan Cara Memilih Menu Makanan Demi Kesehatan - Sahabat Bergaya, sebelum mulai menulis, saya ingin mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434H Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin"

Yaps kembali pada topik pembahasan, yaitu Cara Memilih Menu Makanan Demi Kesehatan Setiap Hari. Seperti yang kita ketahui bersama, makanan sehat merupakan sumber energi bagi tubuh kita, makanan yang sehat dan alami akan mudah dicerna dan diolah organ dalam kita sehingga menjadi energi yang cukup untuk anda beraktifitas sehari-hari.

Memilih menu makanan sehat setiap hari merupakan pilihan bijak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan, walaupun saat ini sudah banyak sekali makanan instan yang memberikan informasi gizi maupun kalori yang dicantumkan dalam kemasan produk tersebut terlihat cukup untuk pemenuhan kebutuhan energi kita dalam beraktifitas. Namun jangan sampai anda salah pilih, karena, makanan yang kita makan akan sangat mempengaruhi kesehatan kita.
Makanan Sehat - Cara Memilih Menu Makanan Demi Kesehatan

Bukan hanya bagi mereka yang menderita Diabetes, namun bagi anda yang sehat juga perlu mempehatikan makanan yang anda konsumsi. Berikut adalah pedoman sederhana yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan menu makanan sehat dalam pemenuhan kebutuhan tubuh kita sehari-hari.

1. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
Salah satu yang dapat kita peroleh dari makanan sehat adalah Serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, Anda dapat memperoleh serat yang baik dan alami pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Tubuh kita membutuhkan 20 sampai 30 gram serat makanan yang dibutuhkan setiap hari. Mangga merupakan buah yang baik sebagai sumber serat alami.

2. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran Bervariasi
Makanan sehat sering kita jumpai dengan warna buah dan sayur yang pada umumnya adalah hijau, oranye, kuning, sedangkan buah dan sayur yang baik untuk kita konsumsi antara lain kubis, brokoli, wortel, melon, mangga dan buah jeruk. Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya yang terdapat pada makanan dapat membantu sistem metabolisme kita dan mencegah pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. disarankan mengkonsumsi antara 5 (lima) atau lebih porsi dalam sehari sebagai sumber makanan sehat.

3. Mengurangi mengkonsumsi makanan yang Manis
Berusahalah untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis/terlalu banyak mengandung gula melebihi jumlah harian yang disarankan, jumlah yang disarankan untuk dapat Anda konsumsi yaitu 150 kalori gula untuk pria dan 100 kalori gula untuk wanita per hari. Mengonsumsi gula secara berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Kabar gembiranya, saat ini sudah ada beberapa produk pemanis/gula alami rendah kalori yang dirasa cukup aman untuk dikonsumsi dan menjadikan makanan sehat.

4. Mengurangi mengkonsumsi Lemak Hewani
Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, Lemak Hewan juga memiliki efek yang merugikan kesehatan lainnya. Cobalah untuk memilih daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, dan produk tanpa lemak atau rendah lemak atau tanpa lemak susu dan merupakan makanan sehat .

5. Mengurangi mengkonsumsi Lemak Trans
Lemak Trans (Trans fat) adalah nama umum untuk lemak tak jenuh dengan''trans''-isomer asam lemak (s). Lemak trans dianggap sebagai jenis lemak yang paling berbahaya bagi manusia karena menaikkan LDL (kholesterol jahat) dan menurunkan HDL (kholesterol baik). Lemak Trans banyak kita jumpai pada makanan cepat saji, Lemak Trans yang disediakan oleh minyak sayur terhidrogenasi digunakan dalam makanan olahan yang paling di supermarket dan di banyak makanan cepat saji yang bisa jadi makanan tersebut bukan makanan sehat yang baik untuk Anda.

6. Mengkonsumsi Ikan dan kacang-kacangan yang Cukup
Dengan mengkonsumsi ikan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak tak jenuh sehat, dapat Anda  gunakan sebagai pengganti zaitun atau minyak canola untuk margarin mentega.

7. Mengurangi Porsi Makan yang Berlebihan
Mulailah dengan mengurangi porsi makan yang terlalu banyak terutama dalam menkonsumsi makanan berkalori tinggi, biasanya kalau kita dihadapkan dengan makanan favorit dan sudah cukup lama tidak menikmati makanan tersebut, kita sering over dalam memperhatikan porsi makan kita, tanpa kita sadari ternyata porsi makanan yang kita konsumsi melebihi porsi makan kita yang biasa.

8. Menjaga Kadar Kolesterol
Sesuai dengan petunjuk kesehatan, jumlah asupan kolesterol Anda sebaiknya tetap dijaga di bawah 300 miligram per hari. Kolesterol ini dapat Anda temukan pada produk-produk hewani seperti daging, unggas, produk susu, dan juga terdapat pada kuning telur.

9. Menkonsumsi makanan yang Variatif
Makanan sehat bukan berarti anda memakan satu jenis makanan sehat saja, namu Anda harus memenuhi kebutuhan gizi Anda dengan menu makanan yang bervariasi. Hal ini dapat membantu tubuh Anda untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

10. Penuhi kebutuhan Kalsium
Kalsium dibutuhkan tubuh Anda untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap kuat dan mencegah osteoporosis. Anda dapat memperoleh kalsium dari susu skim dan yogurt yang memiliki kandungan lemak rendah.

11. Kurangi mengkonsumsi Suplemen
Mengkonsumsi Suplemen bukan satu-satunya cara untuk tetap bugar, dan yang paling baik adalah Anda mendapatkan vitamin dan mineral tersebut dari makanan, bukan suplemen. Pada makanan sehat juga sudah menyediakan banyak nutrisi yang efisien untuk digunakan dalam tubuh Anda.

12. Perhatikan Berat Badan Anda
Memiliki berat badan yang ideal dan sesuai yang diinginkan merupakan keberhasilan tersendiri. Jangan anggap remeh masalah berat badan Anda, terutama jika Anda mengalami peningkatan atau penurunan berat badan yang drastis. Hal ini bisa saja mengindikasikan gejala tertentu yang terjadi pada tubuh anda.
Untuk menjaga Neraca Energi (kalori) asupan dengan keluaran energi, anda dapat membiasakan diri dengan berlahraga dan aktivitas fisik lainnya untuk melengkapi menu makanan sehat setiap hari yang Anda konsumsi.


rewrite from manfaat.org

Comments

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose