Kubis dan Manfaat Kubis bagi Kesehatan

Kubis dan Manfaat Kubis bagi Kesehatan Sahabat Bergaya.info, Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sayuran memiliki peran penting bagi kesehatan kita, baik untuk anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua sekalipun membutuhkan sayuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kita. Artikel kali ini kita akan membahas mengenai Kubis dan Manfaat Kubis bagi Kesehatan.
Kubis dan Manfaat Kubis Bagi Kesehatan
Bagian dalam Kubis / Kol

Kubis dan Manfaat Kubis Bagi Kesehatan
Bentuk Kubis / Kol utuh

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengetahui apa sebenarnya itu kubis..?
Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat adalah nama yang diberikan untuk tumbuhan sayuran daun yang populer. Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L. Kelompok Capitata ini dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Daun ini tersusun sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang disebut krop, kop atau kepala (capitata berarti "berkepala"). Kubis berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat dan, walaupun tidak ada bukti tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat, dianggap sebagai hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris.

Nama "kubis" diambil dari bahasa Perancis, chou cabus (harafiah berarti "kubis kepala"), yang diperkenalkan oleh sebagian orang Eropa yang tinggal di Hindia-Belanda[rujukan?]. Nama "kol" diambil dari bahasa Belanda kool. Warna sayuran ini yang umum adalah hijau sangat pucat sehingga disebut forma alba ("putih"). Namun demikian terdapat pula kubis dengan warna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra). Dari bentuk kropnya dikenal ada dua macam kubis: kol bulat dan kol gepeng (bulat agak pipih). Perdagangan komoditi kubis di Indonesia membedakan dua bentuk ini.

Terdapat jenis agak khas dari kubis, yang dikenal sebagai Kelompok Sabauda, yang dalam perdagangan dikenal sebagai kubis Savoy. Kelompok ini juga dapat dimasukkan dalam Capitata.
(wikipedia bahasa Indonesia)
Sayur Kubis memiliki banyak manfaat yang selama ini jarang dibahas jika dibandingkan dengan sayuran yang sering kita konsumsi lainnya, sepeerti bayam, wortel, buncis dan lain sebagainya. Kubis atau Kol adalah sayuran yang familiar dan sering kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan, bahkan Kubis atau Kol ini enak dimakan dalam keadaan mentah / tanpa dimasak dan cukup dibersihkan untuk dikonsumsi sebagi lalapan. Kubis mentah tentu saja lebih bagus gizinya dibanding yang sudah dimasak baik direbus atau digoreng. Karena kandungan gizi yang terkandung dalam Kubis atau Kol dan ini cukup banyak, sayur Kubis atau Kol ini sangat sering dikonsumsi untuk lalapan penyetan, ayam bakar, sayur sop, soto dan yang paling sering adalah dipakai campuran pada Bakso dan sebagainya. Kubis atau Kol merupakan sumber dari mineral seperti kalsium dan kalium. Selain itu, Kubis atau Kol ini juga memiliki kandungan zat besi, fosfor, dan magnesium. Kubis atau Kol ini juga merupakan sumber dari serat, folat bahkan memiliki kandungan omega-3 yang sangat baik. Kandungan lain dari Kubis atau Kol adalah, natrium, seng dan tembaga dalam jumlah yang cukup.

Berikut beberapa Manfaat Kubis bagi Kesehatan
1. Kubis atau Kol merupakan Sumber Serat yang Alami
Kubis juga merupakan makanan rendah lemak jenuh,  kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. Menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.

2. Kubis atau Kol mampu Memelihara Lambung
Kubis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (disebut tukak lambung). Sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa jus kubis segar sangat efektif dalam mengobati tukak lambung. Sifat anti-radang dari kubis adalah karena kandungan glutamine tinggi di dalamnya.

3. Kubis atau Kol dapat menjadi Anti-inflamasi (Peradangan)
Kubis merupakan sumber yang baik dari asam amino glutamine dan diyakini untuk membantu mereka yang menderita semua jenis peradangan.

4. Kubis atau Kol merupakan Sayur yang bagus untuk Diet
sebagian besar yang terkandung dalam kubis  adalah  karbohidrat. Namun kubis makanan yang  rendah kalori, oleh karena itu makanan ini baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan. Itulah sebabnya orang yang diet sup kubis dapat makan dalam jumlah banyak dari sup tanpa kenaikan berat badan, sementara masih tetap sehat.

5. Kubis atau Kol bisa menjadi Antioksidan
Sayur kol juga dikenal sebagai pelawan  kanker. Kol penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat.

Kendati demikian, manfaat yang terkandung dalam Sayuran Kubis atau Kol ini cukup banyak namun tak jarang sebagian dari kita enggan mengkonsumsi sayuran Kubis atau Kol ini, mungkin karena aromanya yang membuat anda enggan memakannya atau bahkan bentuknya yang kurang menarik selera makan anda.
Yang pasti, tubuh kita memerlukan asupan sayur yang cukup, jika anda ogah atau tidak berselera dengan sayuran yang satu ini, anda dapat menggantinya dengan sayuran lain yang memiliki kandungan serupa dengan Kubis atau Kol yang menurut anda mampu menggugah selera makan anda.
Demikian artikel singkat mengenai Kubis dan Manfaat Kubis bagi Kesehatan semoga bisa menambah wawasan kita mengenai Kubis dan Manfaat Kubis bagi Kesehatan, dan jika sahabat Bergaya juga dapat mengetahui tentang manfaat Buah Mengkudu, semoga bermanfaat untuk sahabat Bergaya semua, amiin.

dari berbagai sumber

Comments

  1. gak ada salahnya kalu back to nature,. itu bagus. makasih infonya sob,. bagus nih.

    ReplyDelete
  2. Setuju gan,,, cuma sekarang kebanyakan dari kita suka dengan yang instan, dan kurang memperhatikan kesehatan.

    ReplyDelete
  3. lho kubis itu kesukaan kelinci saya sob, sangat bagus untuk tumbuhkembang kelinci juga, bukan hanya manusia. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan,,, satwa saja tau mana yang bagus buat kesehatan dan mana yg kurang bagus untuk kesehatan... :)

      Delete
  4. Berarti nggak salah nih ane tiap beli cap cay, minta kubis-nya di banyakin, ternyata emang banyak manfaatnya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gag salah sob... tapi kalo kebanyakan kubisnya tar dimarain tuh sama yg jualan Cap-Cay... hehehe... pissss... ;)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose