Tips Mengatasi Diabetes Dengan 7 Langkah Praktis

Diabetes mellitus, DM (bahasa Yunani: διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pancuran air) (bahasa Latin: mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing gula adalah kelainan metabolis yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglisemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:
  • defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.
  • defisiensi transporter glukosa. atau keduanya.
Berbagai penyakit, sindrom dan simtoma dapat terpicu oleh diabetes mellitus, antara lain: Alzheimer, ataxia-telangiectasia, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria, distrofi miotonis, penyakit Parkinson, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia, hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dan lain-lain.
Tips Mengatasi Diabetes Dengan 7 Langkah Praktis

Diabetes atau yang dikenal jugan dengan istilah Penyakit Kencing Manis, merupakan penyakit yang dapat menghampiri setiap orang, namun bagi sebagian orang memiliki tingkat resiko lebih tinggi terkena penyakit ini dikarenakan oleh keeturunan dari orang tua yang menderita penyakit Diabetes/Kencing manis ini.

Berita baiknya adalah belajar bagaimana untuk menghindari diabetes tipe 2 dan bahkan mencegah penyakit diabetes sangat sederhana. Tapi itu butuh komitmen yang kuat dan ketekunan untuk mengubah gaya hidup untuk mengurangi risiko penyakit diabetes.

Namun, dengan tujuh langkah sakti di bawah ini, Anda juga dapat menghindari diri anda dari komplikasi diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

1. Olahraga Teratur Sebagai Prioritas
    Bekerjalah dengan otot anda dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi dan kemampuan Anda untuk membangkitkan insulin dan menyerap glukosa. Studi menunjukkan bahwa hanya dengan berjalan cepat setengah jam setiap hari mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 30%. Dan menambahkan lebih banyak aktivitas fisik di siang hari dapat mengurangi risiko diabetes Anda bahkan lebih.

2. Menjaga Berat Badan
    Kelebihan berat badan adalah penyebab utama diabetes tipe 2.  Hal ini meningkatkan risiko Anda hingga tujuh kali. Obesitas membuat Anda 20 sampai 40 kali lebih mungkin untuk terserang diabetes dibandingkan orang memiliki berat badan yang sehat. Tapi, jika Anda kelebihan berat badan, Dengan mengurangi 7-10% berat badan anda maka dapat mengurangi resiko diabetes 2 kali lipat. Penurunan berat badan yang sehat permanen adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko diabetes Anda

3. Hindari Karbohidrat Olahan
    Gula, minuman ringan bergula, minuman buah dan jus buah, roti putih, nasi putih, pasta putih dan karbohidrat olahan lainnya menyebabkan gula darah anda akan meningkat cepat. Hindari semua makanan ini untuk menghindari diabetes atau setidaknya kurangin makanan ini hingga 50%.

4. Fokus Pada Makanan Nabati
    Diet tinggi serat makanan, seperti sayuran berwarna, kacang-kacangan, buah-buahan segar dan biji-bijian 100% menurunkan risiko diabetes dan membantu menjaga nafsu makan dan kalori di bawah kontrol.

5. Pilhlah Lemak yang Sehat
    Lemak yang Anda makan mempengaruhi resiko diabetes Anda , anda harus dapat membedakan lemak yang baik dan lemak yang buruk. Lemak omega 3 ditemukan dalam ikan, seperti salmon dan tuna, kacang-kacangan mentah, biji, biji-bijian dan minyak zaitun untuk membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

6. Jika Anda Merokok, Berhentilah Sekarang !!
    Merokok adalah salah satu penyebab timbulnya diabetes. Penelitian mengatakan perokok mempunyai kemungkinan 50% menderita diabetes dibanding yang tidak merokok.

7. Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol
    Diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah. Dan ketika mereka bergabung bersama-sama, mereka meningkatkan risiko untuk serangan jantung, stroke dan kondisi mematikan lainnya. Tapi bila Anda berolahraga teratur, makan makanan sehat dan mengelola berat badan, Anda dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol secara alami.

Semoga bermanfaat.

sumber: id.wikipedia[dot]org/wiki/Diabetes, | teknikdiet[dot]com

Comments

  1. terimakasih atas informasinya.
    informasinya bagus dan bermanfaat.

    http://www.jualberasorganik.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan...
      terimakasih telah berkunjung.

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama pak... dan semoga bermanfaat.
      Amiin...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose