Cara Mudah dan Tepat Mencegah Demam Berdarah

CARA MUDAH dan TEPAT MENCEGAH DEMAM BERDARAH - Demam berdarah (DB) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Terdapat empat jenis virus dengue berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dengue merupakan virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae. Penyakit demam berdarah ditemukan di daerah tropis dan subtropis di berbagai belahan dunia, terutama di musim hujan yang lembap. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setiap tahunnya terdapat 50-100 juta kasus infeksi virus dengue di seluruh dunia.

Sedangkan untuk mengetahui Metamorfosis Nyamuk selengkapnya anda dapat membaca artikel yang sudah saya posting sebelumnya mengenai Metamorfosis Nyamuk.

Aedes aegypti berkembang biak terutama dalam wadah buatan manusia seperti guci gerabah, drum logam dan tangki beton yang digunakan untuk penyimpanan air rumah tangga, namun dibuang wadah makanan plastik dan mainan, ban bekas dan barang-barang lain yang dapat mengumpulkan air hujan, selokan, saluran air, lubang pohon, daun palem dan daun yang berkumpul untuk membentuk "cangkir" dan menangkap air, juga tempat perkembangbiakan potensial.

Ini berarti orang yang tinggal di daerah mana demam berdarah adalah endemik atau di mana wabah telah terjadi perlu waspada secara teratur tentang meter dan area taman untuk memastikan mereka tidak sadar menyediakan tempat perkembangbiakan nyamuk yang mungkin untuk.

Hal ini juga dianjurkan untuk menyemprot bagian tubuh yang terbuka dengan serangga yang cocok nyamuk dan mengenakan kemeja lengan panjang dan pakaian yang meliputi tangan dan kaki - pakaian juga dapat disemprot dengan pembasmi mengandung permetrin atau lain-EPA terdaftar pengusir untuk perlindungan yang lebih besar (permetrin tidak boleh digunakan pada kulit) - repellents yang mengandung salah satu bahan aktif berikut: DEET, Picaridin dan Minyak Lemon Eucalyptus - selalu ikuti petunjuk pada label.

Repellents biasanya melindungi terhadap gigitan nyamuk lagi ketika mereka memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari setiap bahan-bahan aktif, bagaimanapun, konsentrasi di atas 50% tidak menawarkan peningkatan yang ditandai dalam waktu perlindungan dan produk dengan kurang dari 10% dari bahan aktif mungkin menawarkan hanya terbatas perlindungan, sering tidak lebih dari 1-2 jam.

CARA MUDAH DAN TEPAT MENCEGAH DEMAM BERDARAH

Demam berdarah hanya ditularkan melalui nyamuk Demam berdarah (Aedes-aegypti) yang berkembang biak didalam genangan air jernih di dalam maupun di sekitar rumah. Bukan di got/comberan.

Membunuh nyamuknya saja belumlah cukup selama  jentik-jentiknya masih dibiarkan
hidup. Karena itu upaya yang paling tepat untuk mencegah demam berdarah adalah
membasmi jentik-jentiknya ini dengan cara sebagai berikut  :
SIKLUS MENCEGAH DEMAM BERDARAH
  1. Bersihkan ( kuras )  tempat penyimpanan air (seperti bak mandi/WC, drum dll) seminggu sekali.
  2. Tutuplah  kembali tempayan rapat-rapat setelah mengambil airnya, agar nyamuk Demam berdarah tidak dapat masuk dan bertelur disitu.
  3. Ganti lah air di vas bunga dan pot tanaman air setiap hari
  4. Kubur atau buanglah sampah pada tempatnya, plastik dan barang-barang bekas yang bisa digenangi air hujan
  5. Untuk tempat-tempat air yang tidak mungkin atau sulit dikuras, taburkan bubuk Abate ke dalam genangan air tersebut untuk membunuh jentik-jentik nyamuk. Ulangi hal ini setiap 2-3 bulan sekali atau peliharalah ikan ditempat itu.
  6. Takaran penggunaan bubuk Abate adalah sebagai berikut : untuk 10 liter air cukup dengan 1 gram bubuk Abate atau 10 gram untuk 100 liter dan seterusnya. Bila tidak ada alat untuk menakar, gunakan sendok makan. Satu sendok makan peres (yang diratakan di atasnya) berisi 10 gram Abate. Anda tinggal membaginya atau menambahnya sesuai dengan banyaknya air yang akan diabatisasi. Takaran tak perlu tepat betul. (Abate dapat dibeli di apotik-apotik).
Perlu dicatat bahwa Demam Berdarah (DB) adalah penyebab paling umum dari demam pada wisatawan kembali dari Karibia, Amerika Tengah, dan selatan Asia Tengah.
Semoga informasi mengenai Cara Mudah dan Tepat Mencegah Demam Berdarah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua dalam mencegah dan menanggulangi penyakit Demam Berdarah karena kita semua tahu bahwa MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI.
Hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan sama juga menjaga diri Anda, Keluarga Anda dan juga Tetangga Anda dari berbagai penyakit yang mengancam.

sumber referensi : id.wikipedia, news-medical dan depkes.go.id

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose