7 Tips Aman Menghadapi Banjir

Bergaya.info - 7 Tips Aman Menghadapi Banjir. Banjir menjadi langganan beberapa wilayah di Indonesia, entah karena kondisi alam maupun kesalahan yang disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri.
Penebangan hutan dan semakin kecilnya daerah resapan air menjadikan banjir menjadi langganan saat musim hujan datang. Bahkan gunungan sampah semakin memperparah kondisi tersebut.

Berikut 7 Tips Aman Menghadapi Banjir.
1. Jangan panik, tetap tenang dan waspada. Karena kepanikan hanya akan mengakibatkan anda kurang waspada dan bahkan berdampak lebih buruk lagi.

2. Matikan sumber listrik. Hal ini ditujukan agar tidak tersengat arus listrik saat terjadi genangan air. Cabut dan rapikan kabel yang berserakan dilantai dan masih menancap pada sumber listrik. Karena jika ada kabel yang masih berserakan apalagi ada kabel yang terkelupas dan dialiri listrik, akibatnya bisa fatal, aliran listrik bisa menyebar kemana-mana bahkan bisa menyebabkan korban jiwa. Kalau perlu, matikan listrik langsung dari sekringnya (fuse).

3. Pindahkan barang-barang yang mudah rusak terkena air ke tempat yang aman dan tidak terendam air.

4. Selamatkan juga dokumen-dokumen penting dan barang-barang berharga anda, agar tidak terburu-buru dan panik saat banjir datang.

5. Jangan menyimpan/menaruh dokumen penting atau barang berharga anda di dalam lemari, hal ini karena kemungkinan besar lemari akan rubuh saat tergenang/genangan air makin tinggi saat terjadi banjir.

6. Saat air meninggi, jangan memaksakan diri untuk berdiam diri di rumah. Jika semua barang berhaga dan dokumen penting sudah anda amankan, segeralah mengungsi, karena akan sangat menyulitkan anda untuk mengungsi saat genangan air mulai meninggi.

7. Tetap pantau perkembangan berita mengenai banjir melalui media baik cetak maupun online untuk mengetahui kondisi terkini.

Mudah-mudahan dengan melakukan tindakan sejak dini dalam menghadapi banjir, resiko/dampak yang anda hadapi saat banjir dapat mengurangi kerugian yang anda alami saat musibah banjir datang.

Itulah 7 Tips aman menghadapi banjir yang dapat kami berikan kepada anda, semoga bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang mengalami musibah banjir di daerahnya.

Tipa yang paling penting bagi kami adalah bukan pada apa yang harus kita lakukan ketika banjir datang, namun apa yang kita perbuat sehari-hari aga kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Rusaklah Alam maka Alam akan Merusak Kehidupan, bukan hanya kepadamu, tapi seluruh yang ada disekitarmu, bahkan sampai anak cucumu.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose