Nanas - Buah Nanas dan Manfaat Nanas Untuk Kesehatan

Sobat Bergaya, Buah Nanas memang cukup mudah untuk dikenali, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Bentuknya yang berbeda dari buah lainnya memang menjadi salah satunya, kulitnya yang mirip seperti sisik dan memiliki mahkota sebagai ciri khas dari buah nanas ini.
Aroma Buah Nanas juga terbilang sangat kuat, walaupun tidak sekuat buah durian. Nanas banyak dimanfaatkan dimasyarakat Indonesia baik untuk sekedar dimakan, dijadikan Rujak Nanas, Jus Nanas, Selai Nanas, dan masih banyak lagi.

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.
Model Sungkul Tangga dengan motif ukiran buah nenas pada rumah Banjar di Kalimantan Selatan.
nanas

Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan gabungan buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung -- bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk -- menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia mengembangkan tanaman muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif.

Di Indonesia, propinsi Lampung merupakan daerah penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Sejarah Buah Nanas

Nanas berasal dari kata pina yang adalah bahasa Spanyol yang menggambarkan kerucut pinus. Christopher Columbus adalah orang pertama yang memperkenalkan nanas ke eropa. Hari ini, Hawai menjadi kota yang menghasilkan nanas sebanyak 1/3 nanas di dunia. Nanas dipasarkan secara global dalam bentuk buah ataupun kalengan dan merupakan buah tropis yang paling banyak digunakan dalam resep.

Kandungan Gizi Buah Nanas

Satu potong buah nanas mengandung 41 kalori, lemak diabaikan dan 1 gram serat makanan. Nanas terutama kaya akan vitamin A memasok 19 IU per 84 g irisan, nanas dapat memelihara kesehatan kulit, gigi, tulang dan jaringan lunak. Dengan hampir 13 mg vitamin C per slice, sifat antioksidannya melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C membantu membangun dan memperbaiki jaringan dan mempercepat penyembuhan. Nanas juga kaya akan vitamin termasuk vitamin B thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, B 6 dan folat. Selain itu nanas juga merupakan sumber kalsium yang baik, kalium, magnesium dan fosfor, nanas juga memberikan elemen untuk tubuh Anda dalam bentuk selenium, tembaga dan seng.

Manfaat Nanas Untuk Penyembuhan

Nanas segar mengandung bromelain, anti-inflamasi alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan mendorong penyembuhan. Peneliti dari Jerman yang bernama maurer, seorang pemegang paten anti-koagulasi efek bromelain, melakukan 7 kali penelitian dari tahun 1967-1989 untuk mengevaluasi aktifitas bromelain dan mendapatkan bahwa bromelain dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan edema.

Manfaat Nanas Untuk Peradangan Usus

Bromelain dalam nanas segar dapat meredakan gangguan pencernaan dengan membantu untuk memecah ikatan asam amino dalam protein, yang mempengaruhi pencernaan. Sebuah studi oleh Duke University Medical Center, Durham, NC,  digunakan campuran yang berasal dari nanas batang untuk menguji remisi kolitis ulserativa (remission of ulcerative colitis). Hasilnya ditemukan bahwa efek peradangan usus pada tikus menjadi menurun.

Studi pada penyakit radang usus pada tikus ini sesuai yang diterbitkan oleh Hale et al. Duke University, berspekulasi bahwa efek anti-inflamasi bromelain adalah akibat aktivitas proteolitik pada sel di usus besar. Studi tersebut menunjukkan secara biologis untuk percaya bromelain mungkin akan sangat bermanfaat untuk peradangan usus, menurut Departemen Gizi Universitas California, Davis.

Nanas Sebagai Pengendalian Refluks Asam

Nanas dapat membantu dalam gejala refluks asam. Hanya nanas segar mengandung enzim bromelain yang dapat meningkatkan pencernaan dan membantu dalam mengurangi peradangan kerongkongan. Nanas kalengan atau jus dapat membuat refluks asam Anda lebih parah. Untuk membantu refluks asam kontrol, makan beberapa potong buah segar pada saat makan, sesudah makan atau bila gejala refluks asam muncul.

Pertimbangan

Nanas dianggap aman tetapi dapat menyebabkan reaksi alergi atau efek samping, terutama dimakan dalam kombinasi dengan obat-obatan seperti antikoagulan atau aspirin, atau pengencer darah, suplemen herbal, seperti palmetto bawang putih, ginkgo. Gejala reaksi mungkin termasuk kulit ruam, mual, muntah dan diare.

Demikian update informasi kita mengenai Nanas - Buah Nanas dan Manfaat Nanas Untuk Kesehatan semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan bagi kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose