Cara Mengobati batuk dengan 5 Bahan Alami

Batuk menjadi bentuk pertahanan tubuh yang terjadi secara reflek, sehingga bisa mengeluarkan dahak yang berasal dari saluran pernapasan. Dari hasil survei menunjukan, lebih dari 40 juta jiwa pergi ke dokter setiap tahunnya untuk mengobati penyakit batuk.

Batuk merupakan jenis penyakit ringan, namun kita juga jangan menyepelekan penyakit yang dirasa ringan, jika dibiarkan bukan berarti Anda terbebas dari penyakit karena bisa mengganggu atau meresahkan. Apalagi ketika cuaca sedang tidak stabil seperti akhir-akhir ini tubuh kita rentan terkena penyakit batuk dan flu.

Minum obat bukanlah satu-satunya solusi untuk menyembuhkan penyakit Anda. Selain obat dokter Ada juga ‘resep’ obat batuk dari bahan alami yang bisa Anda coba. Lima bahan alami ini telah dipercaya sejak jaman nenek moyang untuk mengobati batuk. Bahan apa saja kah yang bisa dijadikan obat batuk? Berikut ini tips sembuhkan batuk dengan 5 bahan alami yaitu:

1. Madu dan Lada Putih

Bahan yang ini mungkin agak pedas atau panas saat diminum, namun yang terpenting adalah Anda terbebas dari batuk dengan menggunakan obat dari bahan ini. Coba Anda minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

2. Teh Jahe

Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan menjadi bahan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari niscaya batuk Anda akan mereda.

3. Kunyit

Bahan berikutnya adalah kunyit. Tambahkan 1/2 sendok teh kemudian kunyit yang telah ditumbuk dan madu masukan ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

4. Madu dan Lemon

Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Cara membuatnya Anda cukup mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk Anda benar-benar pergi.

5. Kemangi

Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas ini selain bisa digunakan untuk campuran masakan atau menjadi lalpan, daun kemangi ini juga dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, lalu rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

Semoga bermanfaat.

sumber: erabaru .net

Comments

Popular posts from this blog

Mangkokan - Daun Mangkokan Ciri dan Cara Memanfaatkan Daun Mangkokan

Gaya Bercinta Paling Disukai Wanita

Foto Bugil Ayu Ting Ting Berbagai Pose